Langsung ke konten utama

KONFLIK DAN NEGOSIASI DI DALAM ORGANISASI



Di dalam kehidupan bermasyarakat sering kali kita menemukan permasalahan-permasalahan yang menimbulkan konflik baik individual maupun antar kelompok.
Organisasi merupakan suatu perkumpulan dari berbagai jenis orang dengan pemikirannya masing-masing yang dapat dengan mudah menimbulkan konflik. Konflik merupakan suatu proses sosial antara dua orang atau lebih dimana salah satu pihak berusaha untuk menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya. Konflik dapat terjadi melalui tindakan maupun perkataan.

  • FAKTOR PENYEBAB KONFLIK
1. Perbedaan individu dalam hal berpendapat dan berpikir.
2. Perbedaan latar belakang budaya dan kepribadian individu.
3. Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok.
4. Adanya keyakinan bahwa pendapat diri sendiri yang paling benar.
5. Tidak dapat menahan emosi atau mengendalikan diri.

  • KONFLIK DALAM ORGANISASI
Di dalam organisasi, konflik terbagai menjadi :
1. Konflik Tugas
2. Konflik Antarpersonal
3. Konflik Prosedural

Untuk dapat menyelesaikan konflik dapat dilakukan negosiasi. Negosiasi adalah sebuah bentuk interaksi sosial saat pihak-pihak yang terlibat berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan.  

  • CARA MENYELESAIKAN KONFLIK DALAM KELOMPOK
1. Bersikap proaktif

Setiap anggota berusaha untuk aktif dan terjun secara langsung dalam menyelesaikan masalah.

2. Komunikasi

Berbicara secara jelas dan menyelesaikan kesalahpahaman yang terjadi antara sesama individu.

3. Keterbukaan

Berkata jujur dan apa adanya, mau mengakui kesalahan dan mendengar pendapat orang lain atau anggota yang lainnya.

4. Bersikap fleksibel

Mudah menyesuaikan diri dengan keadaan di dalam lingkungan organisasi.

5. Adil 

Bersifat adil dan tidak membeda-bedakan setiap anggota kelompok.

6. Bersekutu

Bekerjasama dengan anggota yang lainnya sehingga terjadi sikap saling mendukung untuk menciptakan perkembangan organisasi.

Komentar